Event

Lomba Busana Melayu dan Tari Kreasi Tingkat SLTA: Meriahkan Launching USTI Pekanbaru

  • Administrator
  • 2024-05-25 09:08:39
  • 38

 

Pada tanggal 25 Mei 2024, Universitas Sains dan Teknologi Indonesia (USTI) Pekanbaru mengadakan acara yang penuh semarak dan budaya sebagai bagian dari perayaan perubahan bentuk dari STMIK Amik Riau menjadi USTI. Dalam rangkaian kegiatan ini, diadakan Lomba Busana Melayu dan Tari Kreasi tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) yang menarik perhatian banyak pihak.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Rektor USTI, Dr. Lusiana, S.Kom, M.Kom, yang memberikan sambutan hangat dan penuh semangat. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan rasa bangga dan harapan besar bahwa USTI akan terus menjadi pionir dalam memajukan pendidikan dan kebudayaan di Riau. Pembukaan acara tersebut disambut dengan tepuk tangan meriah dari ratusan pengunjung yang hadir, termasuk sivitas akademika USTI, pendukung peserta, dan para pencari bakat.

Lomba ini diikuti oleh puluhan peserta yang datang dari berbagai SLTA di dalam dan di luar Kota Pekanbaru. Mereka bersaing dalam dua kategori: Busana Melayu dan Tari Kreasi. Peserta tidak hanya menampilkan kebolehan mereka, tetapi juga membawa semangat dan keunikan masing-masing daerah. Setiap peserta menunjukkan kreativitas tinggi dalam desain busana Melayu yang mereka kenakan, serta keterampilan tari yang memukau.

Pemenang Lomba Busana Melayu

Persaingan dalam lomba busana Melayu sangat ketat. Para peserta menampilkan kostum yang kaya akan nuansa budaya Melayu, lengkap dengan aksesoris tradisional yang memukau. Setelah melalui penilaian yang ketat dari dewan juri, juara pertama berhasil diraih oleh peserta dari SMA 5 Pekanbaru. Mereka menampilkan busana yang elegan dan detail, memukau para juri dan penonton.

Di tempat kedua, peserta dari MAN 1 Siak berhasil menarik perhatian dengan desain busana yang unik dan indah. Sementara itu, juara ketiga atau favorit diraih oleh peserta dari MAN 1 Pekanbaru. Juara favorit dipilih berdasarkan tingkat kepopuleran di media sosial, khususnya Instagram, di mana para peserta menunjukkan daya tarik mereka kepada audiens yang lebih luas.

Pemenang Lomba Tari Kreasi

Lomba tari kreasi juga tidak kalah menarik. Peserta dari berbagai SLTA menampilkan tarian yang energik dan kreatif, mencerminkan kekayaan budaya dan inovasi. Juara pertama diraih oleh peserta dari SMK N 2 Pekanbaru yang menampilkan tarian dinamis dan penuh semangat. Gerakan mereka yang kompak dan koreografi yang menarik memikat hati para juri.

 

Di tempat kedua, SMK N 7 Pekanbaru tampil dengan tarian yang memukau dan penuh ekspresi, menunjukkan kreativitas yang tinggi. Sementara itu, juara ketiga atau favorit dalam kategori ini diraih oleh peserta dari SMA 5 Pekanbaru, yang juga dipilih berdasarkan popularitas di media sosial.

Rektor USTI, Dr. Lusiana, menyampaikan rasa bangga terhadap penyelenggaraan kegiatan ini. Beliau menekankan bahwa fasilitas yang disediakan oleh USTI sangat mendukung kelancaran acara, mulai dari aula yang besar dan nyaman hingga perlengkapan pendukung yang memadai. Aula besar tersebut mampu menampung ratusan pengunjung dengan nyaman, dan memberikan ruang yang cukup bagi para peserta untuk mengekspresikan diri mereka secara maksimal.

Semua peserta dan hadirin terlihat puas dan betah dalam ruangan besar tersebut. Tidak hanya peserta yang merasa bangga bisa tampil di acara bergengsi ini, tetapi para pendukung dan penonton juga menikmati penampilan yang disajikan dengan penuh antusias.

Acara ditutup dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang. Kegembiraan dan rasa bangga terpancar dari wajah-wajah para pemenang saat menerima penghargaan mereka. Momen ini diabadikan dengan banyak foto dan video, yang nantinya juga akan diunggah di media sosial untuk berbagi kebahagiaan dengan khalayak yang lebih luas.

Lomba Busana Melayu dan Tari Kreasi tingkat SLTA ini bukan hanya sekedar ajang kompetisi, tetapi juga merupakan upaya nyata USTI untuk melestarikan dan mengembangkan budaya Melayu di kalangan generasi muda. Dengan mengadakan acara seperti ini, USTI berharap dapat menanamkan rasa cinta dan kebanggaan terhadap budaya lokal di hati para siswa.

Acara ini juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk menunjukkan bakat dan kreativitas mereka, serta berinteraksi dengan teman-teman dari sekolah lain. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan solidaritas di antara mereka, serta memperkaya pengalaman mereka dalam bidang seni dan budaya.

Peluncuran Universitas Sains dan Teknologi Indonesia (USTI) melalui Lomba Busana Melayu dan Tari Kreasi tingkat SLTA telah sukses besar. Acara ini bukan hanya merayakan transformasi institusi, tetapi juga memperkuat komitmen USTI dalam memajukan pendidikan dan kebudayaan di Riau. Dengan dukungan dari berbagai pihak dan fasilitas yang memadai, USTI siap untuk terus berkembang dan menjadi pusat pendidikan yang unggul di masa depan.